Senin, 10 Februari 2014

Apa Itu "Teras Shoma"??



Bismillah. Kalau mendengar kata "teras", mungkin beberapa dari kita akan terbesit pikiran / membayangkan area lantai depan rumah yang terdapat tempat duduk untuk bercengkerama dan dihiasi beberapa pot bunga hias yang indah. Iya, itulah teras rumah, bukan merupakan bagian utama dari bangunan rumah karena tidak banyak aktivitas yang kita kerjakan di rumah dikerjakan di teras. Teras juga bukan bagian wajib dari rumah, karena tidak ada masalah bila sebuah rumah tidak memiliki teras. Berbeda dengan kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan ruang keluarga, yang apabila bangunan rumah tidak ada bagian tersebut maka aktivitas penghuninya akan terganggu.
Walaupun bukan bagian utama dari bangunan rumah, teras tidak bisa kita remehkan fungsinya. Teras sering kita temukan dibangun di depan rumah, dengan begitu teras adalah tampilan depan rumah yang akan memberikan kesan pertama kepada tamu atau orang yang akan memasuki rumah. Apabila teras ditata dengan rapi, bersih dan indah, maka akan memberikan kesan yang baik dan nyaman bagi tamu atau orang yang akan memasuki rumah, begitu pula sebaliknya bila terasnya tidak rapi apalagi kotor maka akan memberikan kesan tidak nyaman pada rumah tersebut.

Teras Rumah
Di rumah, ruang keluarga adalah tempat utama untuk kumpul bersama keluarga. Tetapi, selain ruang keluarga, teras juga bisa dijadikan tempat alternatif untuk berkumpul bersama keluarga, bercengkerama, dan menghilangkan stres dengan menikmati suasana taman di depan rumah yang damai dengan sejuknya semilir angin. Kenyamanan yang terdapat di teras bahkan terkadang membuat tamu yang datang ke rumah lebih memilih bercengkerama di teras saja dibandingkan masuk ke ruang tamu.
Dulu saat aku kecil, bila sore telah tiba, saat teriknya matahari telah hilang berganti teduh ditambah dengan sejuknya angin kota Malang, teras adalah tempat favorit orang tua ku untuk mengasuhku. Walau bukan bagian utama rumah dan bukan tempat utama untuk melakukan aktivitas di rumah, ternyata teras adalah tempat yang nyaman untuk melepas penat dan berkumpul bersama keluarga untuk melakukan aktivitas yang bukan aktivitas utama (berkaitan dengan pekerjaan atau kewajiban kita).
Blog ini aku beri nama "Teras Shoma" karena aku ingin menjadikan blog ini sebagai wadah melakukan aktivitas diluar pekerjaan atau aktivitas utamaku, menyalurkan pemikiranku, berbagi info yang menurut aku bagus untuk di share, dan tempat refreshing untuk menghilangkan penat. Jelas sudah mengapa nama blog ini terdapat kata "Teras". Lalu apa arti "Shoma"?? Shoma adalah namaku.....hehehehe........ Salam kenal semuanya........ Semoga blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua....... aamiin...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar